Pengetahuan Kimia

 

SUMBER DAN KLASIFIKASI LIPID

  1. Pengertian Lipid.

Lipid adalah nama suatu golongan senyawa organik yang meliputi sejumlah senyawa yang terdapat di alam yang semuanya dapat larut dalam pelarut-pelarut organik tetapi sukar larut atau tidak larut dalam air. Suatu lipid didefinisikan sebagai senyawa organik yang terdapat dalam alam serta tak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik nonpolar seperti suatu hidrokarbon atau dietil eter. Lipid adalah ester asam lemak. Biasanya zat tersebut tidak larut dalam air akan tetapi larut dalam pelarut lemak. Pelarut lemak adaah eter, chloroform, benzena, carbontetrachlorida, xylena, alkohol panas, dan aseton panas.

Klasifikasi Lipid.

Lipid yang terdapat dalam tubuh dapat diklasifikasikan menurut struktur kimianya ke dalam 5 grup, seperti pada tabel di bawah. Asam lemak, kelas pertama , berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Selain itu, asam lemak adalah blok pembangun dario asamlemak ini kompleks – kompleks lipid disintetis. Prostaglandin, yang dibentukdariasam lemak tidak jenuh ganda tertentu, adalah substansi pengatur intrasel yang mengubah tanggapan – tanggapan sel terhadap rangsangan luar. Karena prostaglandin berperan dalam kerja hormon. Kelas lipid kedua terdiri dari ester-ester gliseril. Ester-ester ini termasuk pula asilgliserol, yang selain merupakan senyawa antara atau pengangkut metabolik dan bentuk penyimpanan asam lemak, dan fosfogliserid yang merupakan komponen utama lipid dari membran sel. Sfingolipid, kelas ketiga, juga merupakan komponen membran. Mereka berasal dari alkohollemak sfingosin. Sterol mencangkup kelas ke empat lipid. Derivat sterol, termasuk kolesterol, asam empedu, hormon steroid, dan vitamin D sangat penting dari segi kesehatan. Aspek-aspek metabolisme ester kolesteril yang berkaitan dengan bagian-bagian asam lemaknya. Terpen, kelas terakhir lipid, mencangkup dolikol dan vitamin A, E, K yang larut dalam lemak. Derivat-derivat isoprene ini terdapat dalam jumlah kecil, tetapi mempunyai fungsi metabolik yang sangat penting dan terpisah.

Tabel klasifikasi dan fungsi lipid

No Lipid Fungsi
1 Asam Lemak

Prostaglandin

Bahan bakar metabolik, blok pembangun untuk lipid lainModulator intrasel
2 EstergliserilAsilgliserol

Fosfogliseril

Penyimpanan asam lemak, senyawa metabolik

Struktur membran

3 SfingolipidSfingomielin

Glikosfingolipid

Struktur membran

Membran antigen, permukaan

4 Derivat sterolKolesterol

Ester Kolesterol

Asam empedu

Hormon steroid

Vitamin D

Membran dan struktur lipoprotein

Penyimpanan dan angkutan

Pencernaan lipid dan absorbsi

Pengaturan metabolik

Metabolisme kalsium dan fosfor

5 TerpenDolikol

Vitamin A

Vitamin E

Vitamin K

Sintesis glikoprotein

Penglihatan, integritas epitel

Antioksidan lipid

Pejendalan darah

1)      Asam Lemak

Asam lemak merupakan senyawa yang disajikan dalam bentuk rumus kimiawi sebagai R-COOH, dengan R adlah rantai alkil yang tersusun dari atom-atom karbon dan hidrogen.

2)      Ester kolesterol

Ester kolesterol mengandung asam lemak yang diesterkan menjadi gugus 3-β-hidroksil dari sistem cincin steroid. Terbentuk dalam tetesan lipid intrasel dan dalam lipoprotein plasma.

3)      Asilgiserol (gliserid)

Ester asam lemak dari gliserol, asilgliserol, sering dinamakan gliserid. Kelas gliserid tergantung pada jumlah gugus alkohol gliserol yang diesterkan.

4)      Fosfogliserid

Asilgliserol yang mengandung stasam fosfat diesterkan pada gugus C3-hidroksil disebut fosfogliserid. Molekul ini membentuk lapis ganda yang bila dihamburkan pada larutan berair, dan merupakan bentuk utama struktur membran sel.

5)      Sfingomielin

Struktur ini merupakan komponen utama dari banyak membran eritrosit manusia.

  1. Ada tiga macam sumber utama lemak (Lipid) dalam makanan yaitu :

    – Lemak yang tidak kelihatan adalah ; lemak yang secara alamiah terdapat dalam bahan makanan. Bahan makanan yang mengandung tinggi lemak tidak kelihatan adalah : daging, telust, biji-bijian dan kacang-kacangan.

    – Lemak kasat mata adalah :
    Lemak yang terlihat oleh mata biasa, seperti : minyak goreng, gajih atau minyak jeroan, margarin dll.

    – Lemak yang ditambahkan adalah :
    Lemak yang secara komersial ditambahkan kedalam makanan, seperti : pastry, ice cream. Pie, cake ( kue ), atau makanan yang digoreng.

    Kolesterol adalah satu turunan lemak. Bila kadar kolesterol dalam tubuh cukup, maka zat ini sangat berguna bagi tubuh untuk menjalankan fungsi beberapa organ tubuh seperti empedu, hormin, prekursor vitamin D, dan menggerakan fungsi beberapa organ lainnya. Kolesterol sendiri dapat dibuat oleh tubuh manusia, zat ini juga terdapat dalam beberapa bahan makanan. Apabila mengkomsumsi bahan makanan mengandung kolesterol dalam darah cenderung akan meningkat. Dan kolesterol berlebihan akan mengakibatkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

    Bahan makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah : kuning telur, hati, otak, paru, usus, kepiting, kerang-kerangan.

Kunci untuk mendapatkan lemak sehat sebenarnya dengan berfokus pada lemak baik (monounsaturated dan polyunsaturated) dan menghindari lemak buruk (lemak trans dan lemak jenuh). Berikut adalah beberapa makanan berlemak yang menyenangkan:

a. Avokad
Avokad memang tinggi lemak, tetapi sebagian besar lemak dalam avokad adalah lemak tak jenuh tunggal, jenis yang menyehatkan jantung dan benar-benar menurunkan kolesterol jahat. Makan tak berlebihan adalah kuncinya karena satu buah alpukat mengandung 30 gram lemak.

b. Telur
Telur merupakan sumber gizi yang murah dan kaya protein. Orang sering berpikir putih telur lebih sehat daripada telur utuh karena mengandung sedikit lemak. Sementara itu, benar bahwa kuning telur mengandung lemak, tapi dengan nutrisi penting. Satu telur utuh mengandung 5 gram lemak, tetapi hanya 1,5 gram lemak jenuh. Telur utuh juga merupakan sumber baik kolin (satu kuning telur memiliki sekitar 300 mikrogram kolin), vitamin B penting yang membantu mengatur otak, sistem syaraf dan sistem kardiovaskular.

c. Minyak zaitun
Minyak zaitun biasanya digunakan dalam diet Mediterania, salah satu jenis diet yang paling direkomendasikan untuk gaya hidup sehat. Kita pun pernah mendengar bahwa minyak zaitun mengurangi resiko penyakit jantung, tekanan darah, dan jenis kanker tertentu. Namun, sekali lagi moderasi adalah penting jika Anda memperhatikan berat badan Anda. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Neurology menemukan bahwa dengan memasak dengan minyak zaitun dapat mengurangi risiko stroke.

d. Kacang
Kacang tersehat yang boleh untuk dijadikan camilan yakni almond, walnut, dan pistachio. Almond kaya akan vitamin E, kenari mengandung asam lemak omega-3, dan pistachio kaya akan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid yang penting bagi kesehatan mata. Penelitian menunjukkan pemakan kacang pada umumnya memiliki tubuh lebih ramping dan berisiko lebih kecil mengalami diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

e. Selai kacang
Selai kacang merupakan sumber lemak yang sehat. Bisa dicoba selai kacang almond atau mete. Pilih selai kacang dengan sedikit kandungan gula.

f. Ikan
Ikan sebenarnya adalah makanan paling sehat dan paling lezat dari laut. Ikan berminyak seperti salmon, tuna, sarden, makarel, dan ikan trout kaya akan asam lemak omega 3 yang merupakan lemak sehat, tidak seperti lemak jenuh yang biasa ditemukan dalam kebanyakan daging.

Berikut ini adalah sumber makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda.

 

1. Alpukat
Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan tinggi lemak. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena selain daging buahnya yang gurih, alpukat memiliki mengandung lemak baik (HDL). Kandungan lutein pada alpukat berkhasiat untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan mata dan kandungan klorofilnya merupakan sumber antioksidan.

2. Minyak kelapa murni

 

Minyak kelapa dapat menjadi pilihan terbaik sebagai menu makanan penutup yang sehat. Meski kegunaan minyak kelapa masih terus dipelajari, tapi manfaatnya telah diakui ampuh sebagi anti-bakteri, kaya akan vitamin K dan E dan zat besi. Beberapa riset bahkan mengindikasikan, minyak kelapa dapat membantu manajemen berat badan, karena mengurangi stres pada sistem endokrin.

3. Ikan

Beberapa jenis ikan mengandung lemak yang sangat baik bagi kesehatan.  Salmon, sarden, herring, makarel dan tuna adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Lemak pada ikan sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan fungsi otak, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Asam lemak omega-3 juga dapat ditemukan pada tumbuhan laut seperti krill, alga, beberapa tanaman dan minyak kacang. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2.

EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic)  adalah tipe asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan dalam minyak ikan untuk mengurangi resiko irama jantung abnormal yang mengakibatkan kematian mendadak dan penyakit jantung, menurut hasil studi di University of Maryland Medical Center .

4. Kacang-kacangan atau polong-polongan.

 

Kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang melindungi kesehatan Anda. Orang yang makan kacang secara teratur berisiko lebih rendah untuk meninggal akibat serangan jantung dan stroke ketimbang mereka yang makan sedikit, menurut studi di Harvard School of Public Health.

Badan Pengawas Obat dan Makanan, Amerika Serikat (FDA) bahkan mengklaim, “makan- makanan yang mencakup satu ons kacang setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung.”

Kebanyakan jenis kacang-kacangan mengandungan tingkat kolesterol jahat (LDL) yang rendah dan mampu meningkatkan kolesterol baik.

Kenari misalnya, mengandung asam lemak omega-3 yang melindungi Anda dari ritme jantung abnormal yang mematikan dan pembekuan darah. Beberapa contoh jenis kacang yang mengandung omega 3 adalah kacang tanah, kacang merah, almond dan kenari.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s