Contoh Naskah Radio

Nama Radio    : Generation Muda
Gelombang      : 102.4 FM
Nama Penyiar  : Maria Silviana
Durasi              : 30 Menit
Nama Acara    : SISWA KREATIF

SISWA KREATIF

SMK UNGGUL SAKTI JAMBI

 

Hallo apa kabar, jumpa lagi disini di 102.4 FM, Radio GENERATION MUDA, yang di pancarluaskan di jalan Pangeran Antasari No. 18 Talang Banjar Jambi. Gimana kabarnya pagi hari ini Geners? Semoga sehat dan penuh semagat yah J. Seperti biasa, Maria bakal menemeni rekan Geners sekalian selama 30 menit kedepan. Tentunya dalam program acara kesayangan kita SISWA KREATIF. Dimana rekan Geners sekalian, dapat mendengar berbagai pengertian maupun cara agar siswa dapat berfikir lebih kreatife dan lain-lain . Di awal jumpa tadi telah saya hadirkan satu buah lagu yang berjudul “ Saat Bahagia”, yang dibawakan oleh “ Ungu feat Andien.

Masih di GENERATION MUDA, bersama saya Maria. Geners muda sekalian pasti udah nggak sabar kan, pingin dengar apa itu kreativitas . Tanpa basa-basi langsung saja nih’ kita dengarkan penjelasanya, yang akan dibacakan oleh saya “Maria Silviana”,  dan dirangkaikan dengan satu buah lagu dari Vierra dengan judul “ Rasa Ini” Selamat Mendengarkan.

Balik lagi bersama saya Maria, tentunya dalam acara kesayangan kita SISWA KREATIF. Thaks bagi para geners setia yang masih staytuned di radio kesayangan kita GENERATION MUDA. Oke, para geners saya punya tips nih….untuk menjaga agar kelas tetap bersih dan terawatt. Buat kalian-kalian pada dengerin ! agar sekolah dan kelas-kelasnya tetap bersih dan terawatt tentunya. Langsung saja kita dengarkan tipsnya yang akan di bacakanoleh saya “Maria Silviana”.berikut tips-tipsnya, Selamat mendengarkan.

Geners muda, berikut ini kita akan mendengarkan “cara agar siswa-siswi dapat berfikir lebih kreatif”  yang akan disampaikan oleh saya “ Maria Silviana” , dan dirangkaikan dengan satu buah lagu dari “Agnes Monica” dengan judul “ Muda (Le o Le o) “, selamat mendengarkan.

Nah Geners muda, yang satu ini sengaja saya hadirkan sebuah puisi dengan judul “GURUKU PAHLAWANKU” yang akan dibacakan oleh saya “Maria Silviana”, Selamat Mendengarkan.

Oke kembali lagi bersama saya di sini dalam acara SISWA KREATIF. Bagaimana nih…Geners, penampilan yang sudah Maria berikan pada hari ini? OK kan. Harapan Maria sih semua Geners yang pada dengerin senang dan terhibur, dan semoga bermanfaat juga tentunya. Dan tanpa terasa, waktu yang disediakan untuk saya tinggal beberapa menit lagi nih para Geners. Itu berarti kita sudah berada dipenghujung acara, namun jangan khawatir guys, karena masih ada satu lagi persembahan yang akan saya berikan untuk melengkapi kebersamaan kita. Kita dengarkan saja sebuah lagu dari Afgan,  “Panah Asmara”.  check this song.

Nah Generation Muda, dengan berakhirnya lagu Butiran Debu dari Rumor, maka usai sudah tugas saya menemani Geners muda sekalian dalam acara SISWA KREATIF, dan saya “Maria Silviana” selaku pembawa acara mohon undur diri . Terima kasih atas perhatiannya, dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangannya, selamat pagi dan sampai jumpa, Salam SISWA KREATIF. J

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Naskah 1.

PENJELASAN KREATIVITAS

Orang yang sukses dalam hidupnya biasanya mampu berpikir kreatif, dan imajinatif. Dia mampu menciptakan hal-hal baru dari kekuatan imajinasinya. Banyak orang mengatakan bahwa arti kreatif itu adalah memadukan sebuah perjalanan impian dengan kenyataan. kreatif itu sebenarnya tidak jauh dari kehidupan berlatih. Dengan terbiasa berlatih, akan menghasilkan kepribadian, dan memperbesar kesempatan untuk menggapai sukses dalam usaha.

Dengan kata lain Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan tentang sesuatu dalam cara yang baru dan juga kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan baru antara unsure-unsur yang sudah ada sebelumnya.

Kreativitas merupakan kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan diterapkan dalam pemecahan masalah. Kreativitas meliputi baik ciri-ciri aptitude seperti kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality) dalam pemikiran. Maupun ciri-ciri non aptitude, seperti rasa ingin tahu, senang mengajukan pertanyaan dan selalu ingin mencari pengalaman-pengalaman baru.

Kreativitas tidak dapat dipaksakan tetapi harus ditumbuhkan. Bibit unggul memerlukan kondisi yang memupuk dan memungkinkan bibit itu mengembangkan sendiri potensinya. Agar kreativitas dapat terwujud maka dibutuhkan adanya dorongan dari dalam diri individu (motivasi instrinsik) maupun dorongan dari lingkungan (motivasi ekstrinsik).

 

 

 

“SEMOGA BERMANFAAT”

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Naskah 2

Tips Menjaga Agar Kelas Bersih dan Terawat

  1. Buanglah sampah pada tempatnya, dimana pun kalian berada. Buanglah sampah ketempat sampah menurut jenisnya (organic atau non organic), agar lebih mudah untuk dipisahkan.
  2. Jika telah selesai belajar, jangan lupa untuk bersihkan papan tulis setelah bel pergantian jam pelajaran.
  3. Sapu kan kelas kalian jauh sebelum kalian memulai pelajaran, ketika istirahat dan pulang sekolah.
  4. Untuk memperindah kelas, berilah sedikit hiasan di dinding-dinding, tapi bukan coretan seperti memakai pensil, pulpen atau yang lainnya, tapi menggunakan gambar-gambar yang dapat membuat kelas menjadi indah, misalnya : slogan-slogan, dll. hal ini digunakan agar tidak terlalu jenuh ketika melihat kelas, dengan cara bisa ditempelkan di madding dalam kelas jika ada.
  5. bersihkan kaca-kaca kelas agar terlihat bening dari luar dan usahakan minimal seminggu dapat dilakukan dengan cara bersih-bersih bersama contohnya.
  6. Menegur, menasehati dan mengingatkan teman agar tidak lupa untuk melakukan piket kelas.
  7. Saat di adakan bersih-bersih kelas bersama, usahakan semua warga kelas yang terlibat, ikut serta guna agar kerjasama dan kekompakkannya tetap terjaga selain itu kelas menjadi bersih,indah, dan enak dilihat juga nyaman untuk belajar.

Nah, itu tips-tips dari saya, yang mudah-mudahan dapat membantu teman-teman semua untuk tetap merawat lingkungan kelas dan sekolahnyaa yaaa? J
SEMOGA BERMANFAAT AMIIIIINN….

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Naskah 3

Cara Agar Siswa Menjadi Kreatif

  1. Minta siswa mengajarkan siswa lainnya sebagai bagian dari strategi belajar.
  2.  Latih siswa untuk berpendapat dengan jelas dan lancar, sebagai cara membuat siswa percaya diri di depan teman.
  3. 3.      Biasakan siswa untuk bisa berpartisipasi dalam kelompok.
  4. 4.      Buat kegiatan di kelas agar siswa bisa berpikir mandiri sekaligus menjadi pemecah masalah.
  5.  Siapkan penugasan bagi siswa yang di ujung penugasannya siswa diminta mengekspresikan diri secara kreatif bisa dengan drama, komik atau hal lain yang menuntut siswa kreatif.
  6. Sering-seringlah meminta siswa bekerja sama dalam kelompok agar mereka terbiasa bekerja sama dengan orang lain.
  7. Sering-sering memberi penugasan yang kreatif misalnya daripada sekedar meminta siswa merangkum isi buku, lebih baik meminta siswa mendisain ulang covernya.
  8. Saat membahas sesuatu di kelas, sering2 lah bertanya, “apa yang terlintas dipikiranmu ketika mendengar kata.
  9. 9.      Berikan pekerjaan rumah yang berkualitas pada siswa.
  10. 10.  Memperbanyak diskusi dan interaksi antar siswa di kelas.
  11. 11.  Menciptakan budaya menjelaskan di kelas, bukan sekedar menjawab yang betul. Artinya jika ada siswa yang menjawab betul minta ia menjelaskan alasannya dengan demikian siswa yang lain bisa terbantu dalam berusaha untuk mengerti.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Naskah 4

GURUKU PAHLAWANKU

Andai kata matahari tiada
Dunia akan beku dan bisu
pelangi tiada akan pernah terpancar
kehidupan tiada akan pernah terlaksana
Disaat titik kegalauan menghampiri
Terlihat setitik cahaya yang kami cari
Yang nampak dari sudut-sudut bibirmu
Dan gerak-gerik tubuhmu
Engkau sinari jalan-jalan kami yang buntu
Yang hampir menjerumuskan masa sepan kami
Engkau terangi kami dengan lentera ilmu mu
Yang tiada akan pernah sirna di terpa angin usia

Guru……..
Engkau pahlawan yang tak pernah mengharapkan balasan
Disaat kami tak mendengarkan mu
Engkau tak pernah mengeluh dan menyerah
Untuk mendidik kami
Darimu kami mengenal banyak hal
Tentang mana warna yang indah
Tentang garis yang harus di lukis
Juga tentang kata yang harus dibaca
Engkau membuat hidup kami berarti

Guru……
Tiada kata yang pantas kami ucapkan
Selain terimakasih atas semua jasa-jasa mu
Maafkan kami bila telah membuatmu kecewa
Jasa-jasa mu akan kami semat abadi sepanjang hidup kami
Terimakasih guruku, engkau pahlawan ku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s